Bacaan Niat Puasa Wajib Ramadhan Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Bacaan Niat Dan Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Artinya - Kita sebagai umat islam sebentar lagi akan menyambut kedatangannya bula suci ramadhan yang mana bulan ramadhan ini adalah bulan penuh berkah, bulan taubat, karena di dalamnya terdapat banyak amalan-amalan yang fahalanya di lipat gandakan oleh Alloh SWT dari bulan-bulan yang lainnya.

Selama bulan ramadhan bagi kita sebagai umat islam di wajibkan untuk melaksanakan puasa bahkan barang siapa yang yang tidak melaksanakannya baik karena ada udzur atau karena di sengaja maka setelah bulan ramadhan wajib qadha atau menggantinya, karena puasa ramadhan adalah merupakan salah satu rukun islam yang keempat sehingga orang yang tidak melaksanakannya dengan sengaja maka orang tersebut tidak sempurna dalam keislamannya.

Nah sahabat-sahabat sekalian sebelum tiba saatnya bulan suci ramadahan dan sebelum kita melaksanakan ibadah puasa alangkah baiknya terlebih dahulu untuk menghafalkan bacaan niat puasa ramadhan barang kali di antara kita ada yang masih belum hafal atau karena mungkin lupa lagi maka kami di sini akan berbagi bacaan niat dan doa buka puasa ramadhan dalam tulisan arab, latin lengkap dengan artinya seperti dibawah ini:

Bacaan Niat Dan Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Artinya

Bacaan/Lafadz Niat Puasa Ramadhan Arab Latin Dan Artinya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Karena puasa ramadhan itu adalah merupaka kewajiban seperti yang Alloh telah berfirman dalam surat al-baqarah ayat 183/185

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ. أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ.

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Wajib bagi orang-­orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa), membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya. Berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-­penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Oleh karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia ber­puasa pada bulan itu, dan barangsiapa yang sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggal­kan itu pada hari-hari yang lain. Allah meng­hendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak meng­hendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangan (bulan) itu dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberi­kan kepada kalian supaya kalian bersyukur.” [Al-Baqarah: 183-185]

Nah itulah yang dapat kami sajikan dalam artikel ini bacaan niat dan doa buka puasa ramadhan lengkap dengan artinya, nah supaya kita mendapat banyak pahala di bulan ramadhan maka perbanyaklah amal seperti baca qur'än, sholawat nabi, shodaqoh dan yang lainnya, karena bulan ramadhan itu adalah bulan penuh berkah bagi umat islam. Semoga dengan adanya artikel kami ini membawa manfaat bagi kita semua.