Kumpulan Macam Teks Bacaan Sholawat Nabi Yang Pendek Dan Benar

Kumpulan Macam Teks Bacaan Sholawat Nabi Yang Pendek Dan Benar - Kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW di anjurkan untuk memperbanyak bacaan sholawat siang maupun malam, bahkan hukum membaca sholawat itu ada yang hukumnya waib seperti pada bacaan sholat pada waktu duduk tasyahud akhir dan pada waktu khutbah sholat um'at sehingga tidak syah sholat dan khutbahnya kalau tidak dibacakan sholawatnya.

Dengan hal seperti itu maka kita harus benar-benar faham/hafal atas bacaan sholawat nabi itu, namun yang namanya sholawat itu memiliki banyak namanya seperti sholawat badr, nariyah, munjiyat, arjaq, syifa, munfarijah, sholawat haji, sholawat fatih, dan masih banyak lagi yang lainnya, semua terdapat kata sholawat yang di tunjukan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagi bentuk rasa kecintaan kita sebagai umatnya.

Orang yang membaca sholawat nabi itu akan mendapatkan banyak fahala dan akan diakui sebagai umat Nabi muhammad SAW dan akan mendapatkan syafaát nanti di hari kiamat, karena solawat memiliki banyak manfaat, fadhilah serta keutamaan bagi yang membacanya, terutama kapau di baca pada malam jum'at sebagai mana dalam keterangan:

Kumpulan Macam Teks Bacaan Sholawat Nabi Yang Pendek Dan Benar

Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيما

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya. (QS Al-Ahzab 33: 56)

Banyak sekali hadits yang menjelaskan keutamaan membaca shalawat kepada Nabi. Diantaranya:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ

Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”[1].

مَا أكْثَرَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِيْ حَيَاتِهِ أَمَرَ اللهُ جَمِيْعَ مَخْلُوْقَاتِهِ أنْ يَسْتَغْقِرُوا لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

Barangsipa membaca shalawat kepadaku di waktu hidupnya maka Allah memerintahkan semua makhluk-Nya memohonkan maaf kepadanya setelah wafatnya.

مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridlo kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).

Bacaan Shalawat Nabi Dalam Tulisan Arab Latin Lengkap Dengan Artinya

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad An Nabiyyil Ummiyyi.”

Artinya: Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi.

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Wa’Ala Ali Muhammad Kama Shollaita ‘Ala Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.”

Artinya: Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya, karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang kumpulan bacaan sholawat nabi dalam tulisan arab latin lengkap dengan artinya, semoga dengan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan kita yang membacakannya mendapatka syafa'at dari baginda Rosululloh SAW nanti di hari kiamat.