Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Dalam Islam

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Dalam islam. Setelah beberapa kali kami sajikan kumpulan contoh-contoh pidato singkat islami lingkungan sekolah, tentang pergaulan bebas, pidato tentang disiplin, tentang narkoba, kenakalan remaja, pidato perpisahan dan yang lainnya maka disini kami akan berbagi contoh teks kultum atau ceramah singkat tentang kesehatan lingkungan dalam islam yang perlu kita perhatikan.

Semua manusia dalam menjalankan kehidupannya sangat mengharapkan dengan adanya kesehatan, sehat jasmani maupun sehat rokhani.Karena tidak ada artinya hidup kita ini walaupnu banyak harta, rumah bertingkat, mobil mengkilat, bahkan istripun sampai empat, kalau seandainya jiwa kita selalu ditimpa penyakit.

Dengan sangat pentingnya kesehatan, ketika  sakit kita rela mengorbankan semua harta kekayaan untuk berobat kesana kemari, walaupun penyakit tak kunjung sembuh. Nah oleh karena itu dalam ajaran agama Islam sangat menganjurkan pembinaan hidup sehat, sehat jasmani maupun rokhani dan marilah kita belajar pidato tentang kesehatan dengan tema.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Kesehatan Dalam Islam

Assalaamu'alaikum Wr.Wb
Dalam kitab "Hayat Muhammad" DR.Husain Haikal meriwatatkan bahwa selama hayatnya 63 tahun Nabi Muhammad SAW hanya dua kali mengalami sakit. Pertama, ketika beliau kembali dari ziarah kemakam pahlawan di Baqi' dan ke dua, beliau mengalami sakit susah tidur dan demam panas, beberapa hari sebelum wafatnya. Selain dari dua kali itu Nabi tak pernah mengalami sakit-sakit yang lain.

Maka timbul pertanyaan mengapa Nabi selalu sehat? Diantaranya yaitu, Nabi selalu bangun shubuh. Sepanjang catatan riwayat hidupnya, bahwa selama 23 tahun beliau jadi Nabi,hanya satu kali saja beliau tidak terbangun waktu shubuh. Itu mungkin karena terlalu letih dalam perjalanan da'wahnya dan tidur sesudah larut malam.

Mengingat pentingnya waktu shubuh itu maka Alloh SWT telah bersumpah dengan waktu shubuh, sebagai tersebut dalam al-Qur'an S. Attakwiir ayat 18.

وَالصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسَ


Artinya :"demi waktu shubuh dikala fajar merekah".

HADIRIN JAMA'AH YANG DIRAHMATI ALLOH

Sumpah Alloh dengan waktu shubuh itu adalah untuk menarik perhatian manusia khususnya manusia muslim akan kepentingan waktu itu bagi kesehaten fisik dan mental kita. Udara shubuh sangat bugar dan banyak mengandung zat asam( zuur stof ), yang sangat diperlukan buat pernafasan manusia.Sebab itu tidak heran kita mengapa orang-orang yang suka bangun shubuh, sukar dihinggapi penyakit paru-paru (TBC), pernafasannya teratur dan paru-parunya menjadi kuat

Bukan saja besar artinya bagi kesehatan jasmani, tapi juga bagi kesehatan rokhanipun tidak kurang kepentingannya, terutama bagi pikiran dan perasaan, udarashubuh sangat di butuhkan. Diwaktu shubuh pikiran kita sangat bening dan daya tangkapnya sangat kuat, maka mereka yang sukar belajar, menghapal pelajaran akan berhasil lebih banyak dari pada belajar dan menghapal sesudah matahari terbit.Juga pada waktu shubuh alam tumbuh-tumbuhan dan daun-daunan tampak menghijau yang sanga dibutuhkan untuk kesehatan mata karena itu siapa yang suka melihat alam tumbuh-tumbuhan yang menghijau sukar dihinggap penyakit mata.

Oleh karena itu Alloh mewajibkan kita untuk melaksanakan shalat shubuh, supaya kita terdorong untuk bangun shubuh disamping untuk pembinaan kesehatan jasmani kita, juga dengan shalat shubuh berarti pembinaan kesehatan rohani dan mental kita.

HADIRIN JAMA'AH YANG DIRAHMATI ALLOH

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini mengenai mas'alah membina  kesehatan jasmani dan rokhani menurut ajaran agama islam, semoga besar manfaatnya bagi kita semua.
Wassalamu'alaiku Wr.Wb