Kumpulan Pidato Agama Islam Singkat Tentang Mensyukuri Nikmat Allah Beserta Dalilnya

Pidato Syukur Nikmat. Namun sebelum kita memulai pidato sebagai mana  kita sering mengikuti kegiatan ceramah keagamaan Islam, itu sudah pasti Anda mengetahui bahwa setiap penceramah biasanya memulai materinya dengan doa pembuka, salam pembuka dan sejenisnya. Hal ini dikenal juga dengan istilah mukadimah pidato. Sebab kalimat pembuka tersebut memiliki artian yang sangat penting karena itu merupakan doa dan puji-pujian.

Orang Islam percaya bahwa dengan bermajelis atau berkumpul, akan mengundang malaikat untuk mendekat. Karena itu, mukadimah dalam pidato dianggap sebagai doa dalam bermajelis agar dan lebih diijabah oleh Allah sebab ada banyak malaikat yang sedang bersama orang-orang yang berkumpul dalam kebaikan.Nah oleh karena itu mari kita memulai dalam ceramah ini dengan mengucapkan:

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Syukur Nikmat


Assalaamu'alaikum Wr.Wb.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛


Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.

Bapak Ibu guru dan seluruh hadirin yang saya cintai.
Kita diciptakan oleh Alloh SWT dimuka bumi ini adalah untuk beribadah sebagai tanda syukur kita atas segala nimkat dan karunia-NYA yang telah kita terima. Begitu banyak karunia dan nikmat Alloh yang yang kita terima.Seperti, Usia, kesehatan, kekayaan dan sebagainya. Itu semuanya hendak kita pergunakan sebaik-baiknya sebagai mana Rosululloh SWA bersabda:

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَفَرَاغَكَ قَبْلَ سُغْلِكَ وَحَيَا تَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Gunakan dan manfaatkanlah lima hal sebelum datang yang lima, yaitu masa mudamu sebelum datang masa tuamu, sehatmu sebelum datang sakitmu, kayamu sebelum datang fakirmu, waktu luangmu sebelum datang sibukmu, dan hidupmu sebelum datang matimu.

Hadirin yang saya hormati.
Sebagai mana abda Rosul itu adalah:

1.شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ
Mumpung masih muda , sebelum pikun,gunakan masa muda untuk belajar dan bekerja keras, sebagai mana dikatakan dalam pribahasa, belajar diwaktu kecil seperti orang melukis diatas batu, tidak mudah hilang,sedangkan belajar diwaktu tua apalagi setelah pikun, seperti melukis diatas air, langsung lupa. Juga bekerja keraslah di usia muda untuk menabung, agar di usia tua nanti tinggal menikmati buah dari tanaman ketika masih muda. Orang, ketika sudah pikun, ia kembali lemah sepeti anak-anak, kembali bodoh seperti ketika belum sekolah

2. وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ
Mumpung masih sehat, sebelum sakit. Sehat bukan saja kenikmatan, tetapi juga peluang. Dalam kondisi sehat orang bisa mengerjakan banyak hal, bisa mengatasi banyak hambatan, bisa mengumpulkan cadangan untuk jika sewaktu-waktu sakit. Sehat itu satu kenikmatan yang jarang disadari, baru setelah sakit orang menyadari betapa bermaknanya sehat.

3.وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ
Mumpung masih punya, masih kaya, belum bangkrut, gunakan kekayaan anda untuk hal-hal yang positip bagi orang banyak, keluarga, tetangga atau masyarakat luas, karena jika anda keburu bangkrut anda tidak lagi mampu memberi, dan baru menyadari betapa bermaknanya kontribusi orang kaya. Ciri orang kaya adalah sudah tidak punya kebutuhan dan memiliki kemampuan untuk memberi. Jika orang sudah pegang banyak tetapi kebutuhannya malah lebih banyak sehingga ia tidak mampu memberi malah mengambil jatah orang miskin, maka orang seperti itu bukanlah orang kaya. Oleh karena itu ada orang kaya harta miskin hati, dan ada orang yang miskin harta tapi kaya hati. Orang yang kaya hati, punya lima ribu upiah masih bisa memberi empat ribu rupiah. Ayo mumpung masih kaya, belum bngkrut.

4.وَفَرَاغَكَ قَبْلَ سُغْلِكَ
Mumpung masih punya kelapangan , belum terhimpit kesempitan , mumpung sempat belum sempit, gunakan kesempatan itu untuk melakukan hal yang terbaik. Kesempatan sering tidak datang dua kali, jangan sia-siakan kesempatan. Jangan salah pilih dan salah mengambil keputusan ketika kesempatan terbuka. Banyak orangmenggunakan "kesempatan" dalam "kesempitan" yang berujung pada penyesalan yang panjang, hanya nikmat sesaat berujung pada deritaan selamanya. Hati-hati terhadap permulaan kesempatan.

5.وَحَيَا تَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ
mumpung masih hidup sebelum mati,pergunakanlah umur itu se-produktip mungkin, karena hanya ketika hidup orang bisa berinvestasi untuk kebahagiaan akhirat nanti. Jika orang sudah mati maka produktifitasnya habis,


Hadits riwayat Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa’i dan Ahmad:


عَنْ أبِى هُرَيْرَة (ر) أنَّ رَسُول الله .صَ. قَالَ: إذَا مَاتَ الإنسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ:


صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ, اَووَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُولَهُ (رواه ابو داود)


“Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat sesudahnya atau anak yang shalih yang mendo’akannya”.(H.R Muslim)

Maka mumpung masih hidup, perbanyaklah amal jariah, yakni amal yang kemanfaatannya berumur panjang dan dimanfaatkan oleh orang banyak, misalnya bikin jembatan,jalan, gedung sekolah, masjid, rumah sakit dsb. Ajarkan ilmu pengetahuan yang anda miliki kepada orang lain, maka selagi ilmu andadiamalkan, anda masih tetap dapat pahalanya, dan didiklah anak anda hingga menjadi anak saleh, karena hanya doa anak saleh yang dijamin diterima Tuhan.

Islam mengajarkan kepada kita agar memanfaatkan segala kesempatan yang Alloh berikan, untuk lebih mendekatkan diri kepada-NYA agar kita mendapatkan Ridlo daqn Ampunan-NYA.Amin Pembicaraan saya mengenai mas'alah pidato syukur nikmat dickupkan sekian saja, semoga bermanfaat adanya amiiin.

Kalau ada lebih di harta
Boleh tuan menumpang makan
Kalaulah ada salah dikata
Sudilah tuan memaafkannay.

Akhirul kalam wassalamu'alaikum WR.WB 
 
Itulah yang dapat kami sampaikan contoh teks pidato singkat tentang syukur nimat, namun bukan hanya itu saja yang dapat ami sajikan masih banyak lagi yang lainnya seperti kumpulan pidato agama islam singkat, kumpulan ceramah singkat tentang sabar, pidato singkat peringatan isra mi'raj ceramah tentang syukur dan sabar, ceramah singkat tentang menuntut ilmu, pidato tentang kemuliaan ajaran al quran, contoh dakwah singkat tentang kematian, materi kultum tentang bersyukur dan pidato agama islam singkat dan lucu, semoga dengan adanya artikel ami ini dapat bermanfaat bagi kita semua.