Contoh Kultum Pidato Singkat Tentang Memperingati Isra Mi'raj Lucu Untuk Anak

Contoh Pidato Singkat Peringatan Isra Mi'raj. Dengan adanya tema ini bagi kaum muslimin di seluruh jagat raya tentunya sudah tak asing lagi, karena peristiwa isra mi'raj itu adalah merupakan suatu sejarah terpenting bagi umat Islam yang sangat besar dan telah menjadikan suatu agenda tahunan dalam memperingatinya yaitu setiap tiba pada bulah rajab.

Dengan adanya peristiwa seperti itu makanya setiap umat islam ketika bulan rajab tiba maka pada sibuk untuk memeriahkan peringatan Isra mi'raj dengan berbagai macam kegiatan terutama mengadakan pengajian-pengajian yang membahas tentang kejadiannya Isra Dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW, dari masjidil haram yang ada di kota mekah ke masjidil Aqsha yang ada di palestina.

Untuk supaya lebih jelasnya dalam memahami peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammd SAW, makanya Kami disini bikin artikel dengan tema contoh pidato singkat isra mi'raj Guna untuk supaya kita ini bisa mempertebal dalam keimanan dan semoga dengan adanya tema ini bagi para pendakwah terutama yang masih dalam tahap pembelajaran bisa dijadikan sebagai bahan dasarnya.

Contoh Pidato Singkat Peringatan Isra Mi'raj

Assalaamu'alaikum WR Wb.
Pertama-tama marilah kita mengucapkan rasa syukur kepada Alloh SWT yang telah memberikan atas segala nikmatnya kepada kita semua, terutama nikmat iman dan Islam, shalawat serta salamnya semoga selamanya tetap tercurahkan ke pada baginda Rosululloh SAW setra keluwarga, sahabatnya serta seluruh umatnya yang taat dan setia kepadanya.

Sebagai mana yang telah kita fahami bahwa pada kesempatan kali ini kita semua yang hadir disini adalah dengan tujuan yang sama yaitu memperingati di Israkan dan dimirajkannya Nabi kita semua Muhammad SAW, dari masjidil haram kemasjidil Aqsha dengan memakai kendaraan buraq dalam waktu yang begitu singkat padahal jaraknya antara masjidil haram dan masjidil Aqsha itu jauh tapi Nabi dapat menempuh perjalanan itu denga waktu yang begitu singkat seolah banyak orang yang tidak percaya atas adanya peristiwa seperti itu.

Tapi karena itu adalah merupakan sebagai mu'zizat maka kejadian ini dapat kita terima bahkan bisa dijadikan sebagai tolak ukur keimanan kita semua sebagai Umat Islam, bahkan Nabi bukn cuma Isra saja, tapi sampai dimi'rajkan ( Dinaikan)sampai ke rof-rof mustawan sidratul mustawan Qooba Kausen Ao adna, yaitu makom yang lebih tinggi yang tidak ada satu orang pun kesana terkecuali mahkluq Alloh yang telah mendapatkan panggilannya ketempat sana.

Hadirin Jama'ah yang dirahmati oleh Alloh SWT.
Namun yang paling pentig bagi kita atas peristiwa Isra dan Mi'raj ini adalah meningkatkan keimanan karena peristiwa ini sudah tercata dalam Alqur'an surah al Israa

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ (1)


Artinya:Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (17: 1)

Selain untuk meng ex keimanan kita peristiwa Isra' Mi'raj ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT atas melaksanakan perintahnya yang Alloh Telah Memerintahkannya kepada Nabi kita Muhammad SAW yaitu melaksanakan Sholat yang lima waktu dalam sehari semalam, Karena diwajibkannya melaksanakan sholat yang lima waktu itu adalah ketika sedang Isra' dan Mi'rajnya Nabi Muhammad SAW.

Sebagai mana firman Allah SWT pada surat An Nisaa yaitu tepatnya ayat 103:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا


Artinya: Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.(QS: An-Nisaa Ayat: 103)

Jadi pada intinya dari pada peringatan Isra' Mi'raj ini adalah untuk mengEx Keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT atas melaksanakan sholat yang lima waktu ini. Itulah kiranya yang dapat saya sampaikan pada acara ini semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Kalau ada sumur diladang boleh saya tumpang mandi
kalau ada umur panjang boleh kita bertemu kembali

Wabillaahi taufiq walhidayah Wassalamu'alaikum Wr Wb.
Begitu juga kami sajikan beriutnya Khutbah Jumat singkat Peringatan Isra Mi'raj peringatan malam nisfu sya'ban, menyambut bulan suci ramadhan, peringatan nuzulul qur'an dan msih banyak lagi yang lainnya.