Contoh Khutbah Jumat Singkat Selamat Datang Ramadhan 2017

Contoh Khutbah Jumat Singkat Selamat Datang Ramadhan 2017 - Tak terasa, waktu terus bergulir sehingga saat ini kita akan memasuki bulan susi ramadhan 2017 bulan yang penuh berkah, bagi seorang muslim sejati momentum datangnya bulan suci ramadhan ini akan selalu dimanfaatkan untuk melakukan muhasabah atau intropeksi diri bukan dengan melakukan hal-hal yang bersifat huru hara, apalagi dengan melakukan kemaksiatan yang di benci oleh Alloh Swt.

Dengan demikian maka kami di sini akan sedikit berbagi materi untuk di jadikan bahan khutbah jumat ketika memasuki bulan ramadhan dengan tema " Contoh Khutbah Jumat Singkat Selamat Datang Ramadhan" semoga dengan adanya teks ini bagi para khatib jumat bisa menyampaikannya dengan baik agar isi kandungan khutbah ini bisa benar-benar di resapi oleh para jamaah jumat.

Maka untuk itu ketika datangnya bulan suci ramadhan mari kita jadikan kesempatan untuk bertaubat dari segala dosa yang telah kita perbuat sebelumnya, dan kita jadikan bulan ramadhan ini dengan dipenuhi berbagai macanm kegiatan keagamaan, sehingga dalam penyambutan ramadhan ini kita jadikan sebagai jembatan emas untuk meraih kebahagiaan dunia maupun akherat.

Contoh Khutbah Jumat Singkat Selamat Datang Ramadhan

السَّلامُ عَلَيكُمْ وَرَحمَةُ اللهِ وَبَرَكـَـاتُهُ

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَذِى جَعَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرَ الْخَيْرَاتِ وَالْبَرَكَةِ وَأشْهَدُ أنْ لا اِلهَ اِلااللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ وَأشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللّهُمَّ صَلي وِسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ لِقَاءِ رَبِّهِمْ. اَمَّا بَعْدُ أما بعد: فيا عباد الله أصيكم بنفسى بتقوى الله وإياي فقد فاز فوزا عظيما أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Sidang jumat yang berbahagia
Perputaran waktu terasa begitu cepat sehingga tidak terasa, bulan suci ramadhan tahun ini kembali kita sambut, padahal rasanya baru kemarin kita menyambut bulan ramadhan itu, tentu saja menyambut dan memasukinya dengan perasaan yang senang. Oleh karena itu, setiap kali ramadhan datang sebagai muslim yang sejati kita harus perlihatkan kegembiraan, baik kepada Alloh SWT . maupun kepada sesama manusia.

Kegembiraan ini harus kita perlihakkan karena ramadhan memiliki keutamaan yangsangat besar bila dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain, bahkan kalau kita tau dan kita sadari keutamaan ramadhan itu, tentu kita ingin setiap bulan itu dijadikan oleh Alloh sebagai bulan ramadhan.

Salah satu bukti nyata yang harus kita wujudkan jika kita benar-benar gembira dengan datangnya bulan ramadhan adalah dengan melakukan persiapan-persiapan yang matang untuk menghidupkan ramadhan, baik persiapan secara pribadi maupun bersama-sama, persiapan itu antara lain: pertama mengingat-ingat dan memahami kembali kaifiat atau tata cara pelaksanaan ibadah ramadhan, sehingga kita harapkan memasuki ramadhan setiap kita sudah benar-benar memahami apa yang harus kita laksanakan dan bagai mana cara melaksanakannya dari asfek peribadahan. Syarat wajib puasa, syarat sah puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, sunnah-sunnah puasa, pelaksanaan shalat tarawih dan sebagainya merupakan beberapa hal-hal yang terkait dengan peribadahan Ramadhan yang harus kita pahami dengan baik.

Kedua, secara berjamaah melalui masjid, mushala dan pengurus rohani islam di berbagai instansi, harus menyiapkan diri dengan berbagai program untuk memakmurkan aktivitas ramadhan dengan terget meningkatkan ketaqwaan jamaahnya. Salah satu kegiatan ramadhan misalnya shalat tarawih yang ditentukan materi dan penceramahnya, shalat zhuhur diperkantoran yang biasanya dislingi ceramah zhuhur, kuliah subuh dan sebagainya yang semua itu harus dilakukan dengan persiapan yang matang.

Sidang jumat yang berbahagia
Jika ramadhan telah kita siapkan penyambutannya dengan jiwa yang gembira dan konsep kegiatan untuk mengisinya, lalu kita melaksanakan berbagai ibadah serta aktivitas ramadhan dengan baik, niscaya kita dapat mencapai peningkatan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT. sebagai mana dari target dari ibadah ramadhan itu sendiri.Alloh berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ(183)

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagai mana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa". (al-Baqarah 183)

Dengan begitu sudah sewajarnyalah jika setiap kali datang ramadhan, sebagai muslim yang sejati, kita menyambutnya dengan senang hati, sehingga ibadah ramadhan yang akan kita jalani sebulan penuh, meski[pun sebenarnya berat, insya Alloh dapat kita laksanakan dengan perasaan yang riang dan kesungguhan yang tidak perlu diragukan. Semua itu tidak lain dalam rangka mengharap ridha Alloh Swt. yang menjadikan dosa-dosa kita akan dihapus oleh-Nya. Dalam kaitan ini Rosululloh SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa yang puasa ramadhan karena iman dan mengharap ridha Alloh, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." ( HR Buhkhari )

Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu senang dengan datangnya Ramadhan yang mubarak.


بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم. وتفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم وتقبل الله منّي ومنكم تلاوته إنه هوالسميع العليم. واستغفروه إنه هو الغفور الرحيم. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِين


Itulah yang dapat Kami sampaika mengenai "Contoh Khutbah Jumat Singkat Selamat Datang Ramadhan 2017", begitu juga kami sajikan Khutbah Jumat Perbaikan Diri Melalui Ibadah Ramadhan, Khutbah Jumat Singkat Puasa Ramadhan Membentuk Masyarakat Islami, Khutbah Idul Fitri Tiga Pesan Ramadhan dan maih banyak lagi contoh-contoh khutbah yang lainnya, semoga dengan adanya teks ini dapat membawa kemanfaatan bagi kita semua dan kita mendapatkan keberkahan dalam memasuki bulan suci ramadhan itu sehingga kita bisa melaksanakan segala amal-amalan wajib maupun sunnahnya.