Bacaan Doa Qunut Subuh, Nazilah Pendek Untuk Imam Dan Makmum

Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek Untuk Imam Dan Makmum - Doa Qunut adalah merupakan salah satu doa yang isinya mengharapkan penolakan bahaya atau mendatangkan kebaikan kepada Allah swt. yang mana di bacakannya adalah sesudah ruku(I'tidal) terakhir pada sholat subuh, pada shalat witir paruh kedua (malam ke-16) bulan Ramadhan sampai akhir bisa juga dibaca pada sholat Istisqa.

Adapun kedudukan hukum membac doa qunut itu adalah sunnah ab'ad artinya ketika tidak dilaksanakan harus di ganti dengan melaksanakan sujud syahwi (sujud sebelum baca salam), karena hukum sunnah dalam sholat itu ada yang dinamakan sunnah ab'ad dan ada sunnah haeat ( bila mana tidak dikerjakan tak harus melaksanakan sujud syahwi)

Namun dalam membacakan doa qunut itu ada beberapa pendapat seperti halnya menurut Mazhab Syafi’i dan Maliki, membaca doa qunut setiap shalat subuh sesudah rakaat kedua adalah sunat muakkad (Ab'ad), tapi kalau menurut Mazhab Abu Hanifah dan Hambali, tidak ada doa qunut pada shalat subuh.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Arab Latin Lengkap Dengan Artinya

Pendapat Mazhab Syafi’i dan Maliki ini dengan hukum sunnah itu adalah berdasarkan hadist, antara lain hadist dari Anas bin Malik :

أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ سُئِلَ هَلْ قَنَتَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ؟ قَالَ : نَعَمْ، فَقِيْلَ لَهُ قَبْلَ الرُّكُوْعِ أَوْ بَعْدَهُ؟ قَالَ : بَعْدَ الرُّكُوْعِ، وَلَمَّا رَوَاهُ أَحْمَدُ وَالْبَزَّارُ وَالدَّارُقُطْنِيُّ وَ الْبَيْهَقِيُّ وَالْحَاكِمُ وَصَحَّهُ عَنْهُ، قَالَ: مَازَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْنُتُ فِى الفَجْـرِ حَتىّٰ فَارَقَ الدُّنْيَا. (فقه السنة الجزء الأول، ٤۰)19.

“Sesungguhnya Anas bin Malik ditanya : Apakah Nabi AS membaca doa qunut pada shalat Subuh ? Maka Anas mengatakan : Ya. Berkata lagi sahabat kepadanya : Apakah sebelum ruku’ atau sesudahnya ? Anas berkata : Sesudah ruku’. Dan sebagaimana diriwayatkan Ahmad dkk. bahwa Anas berkata : Rasulullah saw. tidak pernah berhenti mengerjakan doa qunut pada shalat subuh sampai beliau meninggal dunia”.

Sedangkan menurut Mazhab Abu Hanifah dan Hambali, tidak ada doa qunut pada shalat subuh, didasarkan pada hadis Anas bin Malik :

أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ لاَيَقْنُتُ فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ إِلاَّ إِذَا دَعَا لِقَوْمٍ أَوْ دَعَا عَلىٰ قَوْمٍ. وَرُوِيَ الزُّبَيْرُ : وَالْخُلَفَاءُ الثَّلاَثَةُ أَنَّهُمْ كَانُوا لاَ يَقْنُتُوْنَ فِى صَلاَةِ الْفَجْـرِ. (فقه السنة الجزء الأول، ٤۰)21.

“Sesungguhnya Nabi SAW. tidak pernah membaca doa qunut pada shalat Subuh kecuali pada saat mendoakan keselamatan suatu kaum. Dan diriwayatkan Zubair : Khulafaur Rasyidin yang tiga (Abu Bakar, Umar dan Usman), sesungguhnya mereka tidak membaca doa qunut pada shalat Subuh”.

Nah bagi kita yang biasa melaksanakan membaca doa qunut dalam sholat subuh, sholat witir untuk bacaannya adalah seperti di bawah ini:

BACAAN DOA QUNUT DALAM BAHASA ARAB
اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْك
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

BACAAN DOA QUNUT LATIN
Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa'aa finii fiiman 'aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a'thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya'izzu man 'aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya :Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Dalam pembacaan doa qunut diatas adalah untuk orang-orang yang menjadi ma'mum atau sholat sendirian (Bacaannya : Allah hummah DINII fiiman hadait). sedangkan nuntuk seorang Imam bacaan Allah hummah DINII diganti dengan Allah hummah DINAA dan seterusnya setiap kata Nii diganti dengan kata Naa. dan dalam bacaan qunut itu ada yang dinamakan Doa Qunut Nazilah artinya doa yang di bacakannya ketika sedang turun bencana.

Demikian yang dapat kami sajikan Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek Untuk Imam Dan Makmum  begitu juga kami sajikan dalam artikel selanjutnya doa sholat dhuha, doa sholat tahajud dam masih banyak yang lainnya maka terus update disini. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.Amiiiin