Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah Yang Benar

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah Yang Benar. Shalat Istikharah ialah merupakan shalat sunat yang dilaksanakan ketika seseorang memiliki keraguan dalam menentukan sebuah pilihan baik atau buruknya untuk kita laksanakan atau kita miliki, karena sepandai-pandainya manusia tetap tidak bisa menentukan sebuah pilihannya karena itu hanya milik Alloh SWT, makanya kita mita petunjuk kepada Alloh SWT dengan cara melaksanakan shalat istikharah.

Jadi shalat istikharah itu adalah shalat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT, misalnya kita ingin punya jodoh, mencari pakerjaan, dan yang lainnya. shalat istikharah dilaksanakan 2 rakaat secara perorangan tidak diberjamaahkan juga dikalsanakannya bisa pada siang ataupun malam namun suasana malam bisa menambah lebih khusu dan tenang maka lebih utama sholat istikharah dilaksanakan pada malam hari.

Adapun tuntunan atau tata cara bacaan shalat istikharah sama dengan sholat-sholat biasa seperti sholat fardhu, sholat taubat, hajat, tahajud, dhuha dan yang lainnya terkecuali sholat gerhana, karena sholat gerhana dalam satu rakaat memiliki dua kali baca fatihah dan ruku, begitu jga sholat jenazah tidak memiliki ruku dan sujud cukup dengan berdiri saja dari mulai sampai selesai baca salam.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah Yang Benar

Sebetulnya banyak manfaat, fadhilah, hikmah dan keutamaan dalam shalat istkharah untuk kehidupan kita selain dari pada minta petujuk kepada Alloh SWT, makanya biasakanlah secara rutin kita melaksanakan shalat istikharah terutama pada malam hari sebelum tidur Isya Alloh kita akan mendapat petunjuk yang terbaik dari Alloh SWT dalam menjalankan kehidupan demi tercapainya kebahagiaan dunia dan akherat.

Cara shalat istikharah :

1. Membaca niat shalat istikharah

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال


“Ushalii sunnatal-istikhaarati rak’ataini lillahi ta’alaa.Allahu Akbar.”

“Aku Niat Shalat Sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Pada rakaat pertama, setelah surat al-Fatihah membaca surah al-Kafirun. Dan rakaat kedua surat al-Ikhlas. Lalu salam dan membaca doa seperti di bawah ini:.

3. Doa shalat istikharah :

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ


“Allahumma innii astakhiiruka bi ‘ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as’aluka min fadhlikal-‘azhiim fa innaka taq-diru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta’allaamul-ghuyuub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amra khairul lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibatu amrii faqdirhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fiihi wa in kunta ta’lamu anna haadzaa syarrul lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii fashriifnii ‘anhu waqdir liyal-khaira haitsu kaana tsumma irdhinii bih”

“Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas anugrah-Mu.”

Itulah yang dapat kami sampaikan Waktu dan tata cara niat serta bacaan doa setelah shalat istikharah yang benar sesuai ajaran Rosul dalam bahasa arab, latin lengkap dengan artinya, semoga dengan melaksanakan shalat iatikharah kita diberi petunjuk jalan yang terbaik untuk menjalani kehidupan dan di beri ketenangan dalam berbagai persoalan.