Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih Yang Benar

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih Yang Benar. Sholat tasbih adalah merupakan sholat sunat yang dikerjakan sebanyak 4 rakaat dengan 2x salam dan di dalamnya terdapat banyak bacaan tasbih sehingga dalam 4 rakaat itu ada 300 bacaan tasbih karena setiap 1 rakaat ada 75 kali bacaan tasbihnya dan dalam sholat tasbih itu memiliki banyak kemanfaatan bagi kita semua terutama kita untuk mendapatkan kasih sayang dan ridho Alloh SWT.

Sholat tasbih walaupun hukumnya sunat alangkah baiknya kalau kita kerjakan setiap hari dan malam namin kalau tidak bisa usahakanlah 1 kali dalam satu minggu dan kalau masih keberatan laksanakanlah sebulan sekali dan kalau masih belum sempat maka setahun sekali makanya kebiasaan orang melaksanakan sholat tasbih itu adalah pada malam nisfu syaban atau pertengahan bulan syaban.

Namun bukan berarti sholat tasbih harus dilaksanakan pada malam nisfu syaban, tapi itu adalah untuk mengisi salah satu kegiatan ritual keagmaan pada malam itu karena pada malam nisfu syaban Alloh SWT telah membukakan beberapa banyak pintu rahmat, maka barang siapa yang melaksanakan amal ibadah akan mendapatkan ampunan serta rahmat dari Alloh SWT.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih Yang Benar

Jadi sholat tasbih sebetulnya tidak memiliki ketentuan waktu, sehingga bisa dilaksanakan kapan saja siang maupum malam terutama pada hari atau malam jumat karena hari jumat itu merupakan syayyidul ayyam (rajanya hari) asalkan jangan pada waktu yang di larang atau diharamkan untuk melaksanakan sholat di ataranya:

1. Ketika terbit matahari dalam keadaan terang hingga meninggi
2. Waktu ketika orang berdiri tegak tidak memiliki bayangan hingga condongnya matahari ke arah barat
3. Ketika matahari mengalami proses untuk tengegelam hingga hilangnya bulatan matahari di ufuk barat” (Shahih, HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah)

DALIL HADITS DAN KEUTAMAAN SHALAT TASBIH
Dalil hadits sebagai landasan dari shalat tasbih dan sekaligus fadhilah/keutamaan shalat tasbih adalah sebagai berikut:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهْ أَلاَ أُعْطِيْكَ أَلاَ أُمْنِحُكَ أَلاَ أُحِبُّوْكَ أَلاَ أَفْعَلُ بِكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيْمَهُ وَحَدِيْثَهُ خَطْأَهُ وَعَمْدَهُ صَغِيْرَهُ وَكَبِيْرَهُ سِرَّهُ وَعَلاَنِيَّتَهُ عَشَرَ خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكْعَاتٍ تَقْرَأُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وِسُوْرَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقُرْاءَةِ فِيْ أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشَرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُوْلُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشَرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَ الرُّكُوْعِ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا ثُمَّ تّهْوِيْ سَاجِدًا فَتَقُوْلُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَالسُّجُوْدِ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُوْنَ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِيْ أَرْبَعِ رَكْعَاتٍ إِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِيْ كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِيْ كُلِّ جُمْعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لََمْ تَفْعَلْ فَفِيْ كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُ فَفِيْ كُلِّ سَنَةِ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِيْ عُمْرِكَ مَرَّةً


Artinya: Dari Ibnu ‘Abbâs, bahwasanya Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada ‘Abbâs bin ‘Abdul Muththalib, ‘Wahai ‘Abbas, wahai pamanku, maukah saya berikan padamu? maukah saya anugerahkan padamu? maukah saya berikan padamu? saya akan tunjukkan suatu perbuatan yang mengandung 10 keutamaan, yang jika kamu melakukannya maka diampuni dosamu, yaitu dari awalnya hingga akhirnya, yang lama maupun yang baru, yang tidak disengaja maupun yang disengaja, yang kecil maupun yang besar, yang tersembunyi maupun yang nampak.


JUMLAH RAKAAT DAN LAPDZ NIAT SHALAT TASBIH

Jumlah sholat tasbih 4 rakaat. Dapat dilakukan dengan sekali salam atau 2x salam jika dilaksanakan pada siang hari, namun kalau dilaksanakannya pada malam hari dengan 2 x salam.

BACAAN NIAT SHOLAT TASBIH ARAB, LATIN DAN ARTINYA

Shalat tasbih 2 Rakaat:

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى


"Usholi Sunata Tasbihi Rakataeni Lillaahi Ta'alaa"

Artinya: Niat shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah

Shalat tasbih 4 rakaat sekaligus:

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعال


"Usholi Sunata Tasbihi Arba'a Rakaatin Lillaahi Ta'alaa"

Artinya: Niat shalat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah

TATA CARA SHALAT TASBIH

1. Saat berdiri rakaat pertama:
(a) Membaca takbirotul ihrom
(b) Membaca surat Al-Fatih
(c) Membaca surat pendek. Rakaat I: At-Tatsur; Rakaat II: Al-Ashr; Rakaat III: Al-Kafirun; Rakaat IV: Al-Ikhlash.
(d) Membaca bacaan tasbih sebanyak 15x :

سبحان الله والحمد لله ولا اله إلا الله الله اكبر


2. Saat ruku' Membaca bacaan tasbih 10x:
3. Bangun dari ruku'/ I'tidal Membaca bacaan tasbih 10:x
4. Saat sujud pertama Membaca tasbih 10x:
5. Bangun dari sujud pertama / duduk antara 2 sujud Membaca doa tasbih 10x:
6. Saat sujud kedua: Membaca tasbih 10x:
7. Bangun dari sujud untuk rakaat kedua duduk dulu membaca tasbih 10x baru berdiri untuk rakaat kedua yang bacaannya sama dengan rokaat pertama.Namun pada rakaat kedua terakhir kali baca tasbih itu adalah saat duduk sebelum membaca tahiyat (tasyahhud) membaca tasbih 10x. Maka jumlahnya sebanyak = 75 kali.

Dan untuk empat rakaat berarti 4 x 75 = 300 kali membacanya selama shalat Tasbih. Karena pada rakaat kedua, ketiga dan keempat

DOA BACAAN SETELAH SHALAT TASBIH

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ اْلهُدَى وَ أَعْمَـالَ أَهْلِ اْليَقِيْنِ وَ مُنَاصَحَةِ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَ عَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَ جِدَّ أَهْلِ اْلخَشْيَةِ وَ طَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَ تَعَبَدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَ عِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أُخَافَكَ. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلاً أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَ حَتَّى أُنَاصِحُكَ فِى التَّوْبَةِ وَ خَوْفًا مِنْكَ وَ حَتَّى أُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَ حَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا وَ أُحْسِنَ الظَنِّ بِكَ سُبْحَانَ خَالِقِ النُّوْرِ. رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْلَنَا إِنَّكَ عَلَى كُّلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.


Artinya: “ Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq Orang-orang yang mendapat petunjuk, amalan Orang-orang yang mempunyai keyakinan kuat, ketulusan Orang-orang yang bertaubat, keteguhan hati Orang-orang yang sabar, kesungguhan Orang-orang yang takut kepada-Mu, permohonan Orang-orang yang mengharapkan-Mu, Ibadah ( ketaatan ) ahli wira’I dan kebijakan ahli ilmu, sehingga aku takut kepada-Mu. Ya Allah aku memohon kepada-Mu perasaan takut yang dapat menhalangiku berbuat maksiat, sehingga aku dapat melakukan suatu amalan untuk mentaati perintah-Mu, yang dengan amalan itu aku berhak mendapat ridho-Mu, hingga aku sanggup memurnikan taubatku karena takut kepadamu. Mengikhlaskan nasihat-Mu karena cintaku kepada-Mu. Dan aku bertawakkal kepada-Mu dalam segala urusan karena persangkaan baikku kepada-Mu Maha Suci Dzat yang menciptakan cahaya. Ya Tuhan kami sempurnakanlah cahaya untuk kami dan ampunilah kami sesungguhnya engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Penyayang.”

Demikian yang dapat kami sampaikan "Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih" dengan benar dalam bahasa arab latin lengkap dengan artinya semoga kita bisa melaksanakannya sehingga kita mendapat manfaat, fadhilah, dan hikmah serta keistimewaan dari pada sholat tasbih, namun bukan hanya itu saja yang harus kita laksanakan masih banyak lagi sholat sunat lainya seperti sholat tahajud, dhuha, hajat, istikharah. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua. Amiiiin.