Bacaan Niat Puasa Dan Doa Malam Nisfu Sya'ban Lengkap Artinya

Bacaan Niat Puasa Dan Doa Malam Nisfu Sya'ban Lengkap Artinya. Pada malam nisfu sya'ban Alloh SWT telah membukakan pintu rahmat untuk semua hambanya, maka barang siapa yang memperbanyak amalan pada malam itu maka Alloh SWT akan lebih banyak pula memberikan rahmatnya, terkecuali orang yang tidak akan pernah mendapat kan rahmat pada malam itu adalah orang yang menyekutukan Alloh dan orang yang masih menyimpan rasa iri dengki kepada sesama umat Islam.

Malan nisfu sya'ban adalah malam pertengahan bulan sya'ban menurut hitungan bulan hijriyyah, yang mana pada malam itu seluruh buku catatan amal manusia selama satu tahun yang dicatat oleh dua malaikat yaitu malaikat rokib dan atid di laporkan kepada Alloh SWT, karena laporan amal kita ini ada yang sifatnya mingguan seperti halnya pada hari senin dan hari kamis.

Dengan kemuliaannya malam itu mari ita perbanyaklah beramal demi meraih rahmat Alloh SWT, terutama kita melaksanakan sholat tasbih, baca qur'an, baca doa nisfu sya'ban, dzikir, tahlil, tahmid, dan perbanyaklah berpuasa sebagai mana Rosullulloh SAW. yang paling banyak berpuasa selain bulan ramadhan itu adalah pada bula sya'ban. maka untuk itu kami disini menyajikan bacaan doa malam nisfu sya'ban barang kali masih adasaudara saudara kami yang masih belum faham atau mungkin lupa lagi atas bacaan doa tersebut sebagai mana bacaan doa di bawah ini:

Bacaan Niat Puasa Dan Doa Malam Nisfu Sya'ban Paling Lengkap

Bacaan Doa Malam Nisfu Sya'ban

اللَّهم ياَ ذَا اْلمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْكَ، يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَاْلإكْراَمِ، يَا ذاَ الطَّوْلِ وَاْلإِنْعَامِ. لاَ إلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ظَهْرَ اْللاَجِيْنَ وَجَارَ اْلمُسْتَجِيْرِيْنَ وَأَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِي أُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُوْماً أَوْ مَطْرُوْدًا أَوْ مُقَتَّراً عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقَاوَتِيْ وَحِرْمَانِيْ وَطَرْدِيْ وَاِقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَأَثْبِتْنِيْ عِنْدَكَ فِي أُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْداً مَرْزُوْقًا، مُوَفَّقاً لِلْخَيْرَاتِ، فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِي كِتَابِكَ اْلمُنَزَّلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ اْلمُرْسَل، يَمْحُو اللهُ مَا يَشَآءُ وَيُثْبِتُ، وَعِنْدَهُ أُمُّ اْلكِتَابِ.
إِلَهِي بِالتَّجَلِّي اْلأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ اْلمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ، اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا أَعْلَمُ وَمَا لاَ أَعْلَمُ، وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّم. آمين.


“ALLAAHUMMA YAA DZAL MANNI WALAA YUMANNU ‘ALAIKA YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAM, YAA DZATH THAULI WALIN’AAM, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, DHAHRUL LAAJIIN, WA JAARUL MUSTAJIIRIIN, WA AMAANUL KHAA IFIIN, ALLAAHUMMA IN KUNTA KATABTA NII ‘INDAKA FII UMMIL KITAABI SYAQIYYAN AW MAHRUUMAN AW MATHRUUDAN AW MUQTARRAN ‘ALAYYA FIR RIZQI, FAMHULLAA HUMMA BI FADLLIKA SYAQAAWATII WA HIRMAANII WA THARDII WAQ TITAARI RIZQII WA ATS-BITNII INDAKA FII UMMIL KITAABI SA’IIDAN MARZUUQAN MUWAFFAQALLIL KHAIRAAT. FA INNAKA QULTA WA QAULUKAL HAQQU FII KITAABIKAL MUNAZZALI ‘ALAA NABIYYIKAL MURSALI, YAMHUL LAAHUMAA YASYAA U WA YUTSBITU WA ‘INDAHUU UMMUL KITAAB.

ILAAHII BITTAJALLIL AA’DHAMI FII LAILATIN NISHFI MIN SYAHRI SYA’BAANIL MUKARRAMIL LATII YUFRAQU FIIHAA KULLU AMRIN HAKIIM WA YUBRAM, ISHRIF ‘ANNII MINAL BALAA I MAA A’LAMU WA MAA LAA A’LAM WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUBI BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN.

artinya:“Ya Allah Tuhanku Pemilik nikmat, tiada ada yang bisa memberi nikmat atasMU. Ya Allah Pemilik kebesaran dan kemuliaan. Ya Allah Tuhanku Pemilik kekayaan dan Pemberi nikmat. Tidak ada yang patut disembah hanya Engkau. Engkaulah tempat bersandar. Engkaulah tempat berlindung dan padaMUlah tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan. Ya Allah Tuhanku, jika sekiranya Engkau telah menulis dalam buku besarMU bahwa adalah orang yang tidak bebahagia atau orang yang sangat terbatas mendapat nikmatMU, orang yang dijauhkan daripadaMU atau orang yang disempitkan dalam mendapat rizki, maka aku memohon dengan karuniaMU, semoga kiranya Engkau pindahkan aku kedalam golongan orang-orang yang berbahagia, mendapat keluasan rizki serta diberi petunjuk kepada kebajikan. Sesungguhnya Engkau telah berkata dalam kitabMU yang telah diturunkan kepada RasulMU, dan perkataanMU adalah benar, yang berbunyi: Allah mengubah dan menetapkan apa-apa yang dikehendakiNYA dan padaNYA sumber kitab.

Ya Allah, dengan tajalliMU Yang Mahabesar pada malam Nisfu Sya’ban yang mulia ini, Engkau tetapkan dan Engkau ubah sesuatunya, maka aku memohon semoga kiranya aku dijauhkan dari bala bencana, baik yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui, Engkaulah Yang Mahamengetahui segala sesuatu yang tersembunyi. Dan aku selalu mengharap limpahan rahmatMU ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih.”

Adapun untuk lafadz bacaan niat puasa Sya'ban adalah sebagai berikut :

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAHBAN SUNNATAN LILLAHI TA'ALA

Artinya : Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya :Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban. (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian yang dapat kami sajikan dalam artikel ini, " Bacaan Niat Puasa Dan Doa Malam Nisfu Sya'ban Paling Lengkap" begitu juga kami sajikan Doa Qunut, doa sholat dhuha, doa sholat tahajud dan masih banyak lagi yang lainnya makanya terus updatedisini, semoga dengan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat bagi kita semua.