Tata Cara Niat Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Artinya

Tata Cara Niat Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Artinya. Niat pada pelaksanaan sholat dhuha adalah merupakan salah satu dari pada rukun artinya sesuatu yang wajib dilaksanakan secara berurutan, maka untuk itu kalau kita melaksanakan sholat dhuha tidak pakai niat maka sholatnya tidak syah menurut hukum syari'at ajaran agama islam juga niat termasuk rukun sholat bagian pertama.

Adapun tempatnya niat adalah dalam hati yang di sertai dengan memulainya pekerjaan. misalnya niat dalam sholat yaitu ketika kita melaksanakan takbirotul ihram begitu membacakan Allohu Akbar maka disanalah waktu menerapkan niat. Itulah pengertian dan tempatnya niat adapun tata cara pelaksanaan Sholat dhuha sama halnya seperti melaksanaka sholat fardhu saja hanya pada niat yang membedakannya.

Shaolat dhuha dilaksanakan secara perorangan dengan jumlah rakaat minimal 2 rakaat maksimal 12 rakaat namun ada juga yang menyebutka 8 rakaat sebagai mana hadits yang menyatakan 12 rakaat seperti dalam hadits dari Anas bin Malik, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha sebanyak 12 rakaat, maka ALLAH akan membangunkan untuknya istana di surga”. [HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hadis hasan].

Bacaan Niat Doa Dan Tata Cara Sholat Dhuha

Untuk lebih jelasnya bacaan niat dan tata cara sholat dhuha kami sajikan dalam artikel ini dan dilengkapi dengan bacaan doa sholat dhuha arab latin lengkap dengan artinya, guna untuk membantu saudara-saudara kami dimana pun berada yang ingin melaksanakan sholat dhuha namun masih belum faham tentang bacaan niat dan tata cara serta bacaan doanya, mengingat banyak manfaat dan keutamaan serta hikmah dari pada sholat dhuha itu yang dilaksanakan pada waktu mulai terbitnya matahari sampai menjelang waktu jawalu syamsi (sepenggalan matahari)dalam arti sampai menjelang waktu dzuhur.

Niat Sholat Sunnah Dhua Arab Latin Serta Artinya

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah Ta'ala

1. Setelah membaca niat seperti yang telah tertulis diatas kemudian membaca takbir,
2. Membaca doa Iftitah
3. Membaca surat al Fatihah
4. Membaca satu surat didalam Alquran surat apa saja yang kita hafal
5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali
6. I’tidal dan membaca bacaannya
7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya
9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
10.Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.

Dengan cara mengerjakannya bisa dua rakat satu salam bisa juga empat rakaat di satu salamkan. Setelah selesai melaksanakan sholat alangkah baiknya di lanjutkan dengan membaca doa sholat dhuha seperti bacaan doa sholat dhuha di bawah ini:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya :“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Itulah yang dapat kami sampaikan bacaan niat doa dan tata cara sholat dhuha arab latin lengkap dengan artinya serta keutamaan manfaat dan waktu melaksanakan sholat dhuha. Semoga denga adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua sehingga kita menjadi orang yang akhli dalam melaksanakan sholat dhuha. sekian dan terima kasih Wassalam