Tata Cara Bacaan Niat Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Artinya

Tata Cara Bacaan Niat Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Artinya - Sholat tahajud adalah merupakan salah satu sholat sunah yang di laksanakan pada malam hari atau bisa juga di namakan qiyamul laili (sholat malam) dengan banyak manfaat, fadhilah, keutamaan dan hikmah serta keistimewaan yang terdapat dalam sholat tahajud, karena pada waktu mala itu ada yang dinamakan Sa'atul ijaba atau waktu di kabulkannya doa.

Maka barang siapa yang punya hajat ingin segera hajatnya di kabulkan oleh Alloh SWT hendaklah kita selalu setiap malam melaksanakan sholat tahajud dengan ikhlas dan penuh ketawadhuan di hadapan Alloh SWT. Adapun Waktu pelaksanaan shalat tahajjud dimulai setelah isya' sampai sebelum masuknya waktu Subuh, dengan pembagian waktu sebagai berikut :1. Sepertiga malam pertama : dari mulainya waktu Isya sampai dengan jam 22.00. 2. Sepertiga malam kedua. Dari jam 22.00 sampai 01.00. 3. Seperti malam ketiga/terakhir. Dari jam 01.00 sampai sebelum masuknya waktu subuh.

Dengan jumlah bilangan raka’at dalam pelaksanaan sholat tahajud ini adalah minimal dikerjakan 2 raka’at dan maksimal tidak terbatas. Walaupun tidak ada batasan maksimal (selama itu genap) pada Sholat Tahajud ini. akan tetapi anjurannya Rosul lulloh SAW (sunnahnya) Anda hanya mengerjakan 8 raka’at saja (ditambah lagi dengan 3 rakaat shalat witir) dengan cara dua rakaat satu salam terkecuali sholat witir yang pertama dua rakaat satu salam dan satu rakaat satu salam bisa juga tiga rakaat di satu salamkan.

Tata Cara Sholat Tahajud, Niat Bacaan Dan Doanya

Untuk tata cara sholat tahajud sama seperti melaksanakan sholat biasa seperti sholat subuh namun tidak pakai doa qunut dengan ketentuan syarat dan rukunnya serta pembatalanny, cuman yang membedakan adalah bacaan lafadz niatnya. Untuk lebih jelasnya cara pelaksanaan sholat tahajud dan niat serta bacaan doanya maka kami akan jelaskan seperti dibawah ini:

Tata Cara Sholat Tahajud
1. Membaca doa niat shalat tahajud di dalam hati bersamaan dengan Takbiratul Ihram
Lafadz Niat Shalat Sunnah Tahajud (Sholat Malam)

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya :Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala

2. Membaca doa Iftitah
3. Membaca surat doa Al-Fatihah
4. Membaca surat yang terdapat dalam Al-Qur'an yaitu di rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun dan di rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas.
5. Ruku sambil membaca tasbih tiga kali
6. I'tidal sambil membaca bacaannya
7. Sujud pertama dan membaca Tasbih tiga kali
8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya
9. Sujud yang kedua dan membaca tasbih tiga kali.
10. Setelah di rakaat pertama, kerjakan dua rakaat kedua sebagaimana cara yang diatas, lalu membaca Tasyahhud akhir sampai akhir bacaan tasyahud setelah selesai membaca salam dua kali dan rakaat-rakaat selanjutnya sama yang dilakukan seperti contoh diatas.

Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab Lengkap

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tata cara dan niat sholat tahajud serta bacaan doanya dalam bahasa arab latin lengkap dengan atrinya yang benar sesuai anjura Rosul lulloh SAW, semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua sebagai ummat islam sehingga bisa melaksanakannya secara benar dengan penuh keikhlasan dan tawadhu demi tercapainya kebahagiaan dunia akherat.