Contoh Pidato Anak SD Hikmah Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  - Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah merupakan salah satu bukti kecintaan kita sebagai ummatnya kepada baginda Rosululloh SAW dan yang perlu kita abadikan selama hayat masih di kandung badan,  dengan harapan kita semua di akui sebagai umatnya nanti di hari kiamat dan mendapatkan syafa'af udzma, serta dengan memperingatinya maulid nabi itu kita mencontoh atas akhlaq-akhlaq-NYA, maka dengan itu kita sebagai ummat Islam seharusnya untuk menyambut dan memeriahkan hari besar itu dengan berbagai macam kegiatan keagamaan, misalnya mengadakan pawai ta'aruf, mengadakan perlombaan-perlombaan yang sifatnya religius islami.

Bahkan Sudah menjadi agenda di setiap sekolah-sekolah ketika tiba bulan rabiul awwal  dengan kata lazimnya adalah bulan mulud diadakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Nah untuk itu bagi para siswa anak sekolah bila mana kita mendapat tugas dari Bapak Ibu guru untuk ikut mengisi acara tersebut maka Admin disini sengaja membuat artikel yang berjudul "Contoh Pidato Anak SD Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW"  guna membantu mempermudah pencarian tema dalam acara tersebut.

Maka untuk itu kita jangan berkecil hati untuk tampil mengisi acara tersebut karena tidak biasa oleh karena itu yuk kita perhatikan salah satu contoh pidato singkat maulid nabi ini untuk para femula bagi anak-anak sekolah dasar yang biasa di rayakan dalam satu tahun sekali pada acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW seperti yang kami sajikan dalam artikel di bawah ini:

Contoh Pidato Anak SD Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْد


Bapak Ibu guru, tamu undangan dan teman-teman yang saya cintai

Alhamdulillah wasyukurillah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena atas kuasanya kita bisa berkumpul, bertatap muka/bermuajahah ditempat ini.

Shalawat beserta salam senantiasa terlimpahkan pada suritauladan umat manusia, yang membawa  jaman jahiliyyah ke era penuh cahaya. Tiada lain; yakni habibana, wanabiyyana, Muhammad Sallalahu Alaihi Wasalam

Tentu kita semua tahu tentang kelahiran Nabi Muhammad SWA adalah merupakan rahmat bagi seluruh alam, Karena Rasulullah saw memiliki sifat yang sangat mulia yang patut untuk kita teladani. sebagai mana Alloh Berfirman dalam Qs Al-Anbiya ayat 107:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya disini akan coba membahas tentang ‘4 sifat Rasulullah saw yang sudah tertanam semenjak ia kecil dan patut untuk kita tiru’

Pertama, Rosululloh SAW memiliki sifat Shiddiq artinya benar. Bukan hanya perkataannya saja yang benar, melainkan perbuatannya pun juga benar. Beliau dalam perkataany tidak pernah sedikitpun berkata bohong, seperti halnya ketika beliau berdagang. Tidak pernah beliau menipu pembeli. Sehingga pembeli merasa nyaman dan aman ketika membeli dagangannya, dan masih banyak contoh yang lainnya.

Yang kedua, Amanah artinya dapat dipercaya. Lawan dari amanah adalah khianat. Sifat ini sejak kecil dimiliki oleh Nabi. Karena sifat amanahnya ini Nabi dipercaya menggembala kambing milik paman dan tetangganya. Juga dipercaya membawa barang dagangannya.

Yang ketiga, Tabligh artinya menyampaikan. Segala firman Allah SWT yang ditujukan oleh manusia, disampaikan oleh Baginda. Tidak ada sedikit pun yang disembunyikan. meski itu menyinggung Nabi.

Yang ke empat, Fathonah artinya Cerdas. Mustahil Nabi itu bodoh atau jahlun. Dalam menyampaikan 6.666 ayat Al Qur’an kemudian menjelaskannya dalam puluhan ribu hadits membutuhkan kecerdasan yang luar biasa.Nabi harus mampu menjelaskan firman-firman Allah kepada ummatnya sehingga mereka mau masuk ke dalam Islam. Nabi juga harus mampu berdebat dengan orang-orang kafir dengan cara yang sebaik-baiknya.

Begitu mulianya  Rasulullah Saw yang dapat dijadikan contoh/tauladan bagi kita semua. Mudah-mudahan kita dapat mencontohnya dalam kehidupan sehari-hari. Amiin.Akhir kata dari saya dicukupkan sekian saja.
Wassalaamu’alaikum warahmatullaahiwabarakaatuh

Begitilah yang dapat Admin publikan dalam artikel ini mengenai  Contoh Pidato Anak SD Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW , seperti sebelumnya kami telah menyajikan pidato singkat perpisahan murid kelas 6 semoga dengan adanya artikel ini menjadi bahan untuk akan-anak kita dalam belajar pidato didepan orang banyak.