Tata Cara Bacaan Niat, Doa Dan Lafadz Takbiran Sholat Jenazah

Tata Cara Bacaan Niat, Doa Dan Lafadz Takbiran Sholat Jenazah Lengkap. Sholat jenazah adalah sholat yang dilaksanakan ketika ada orang yang meninggal dengan hukum fardhu kifayah atrinya kewajiban yang dapat dikerjakan oleh sebahagian masyaraka yang ada di kampung itu, sehingga orang yang tidak melaksanakan tidak berdosa cuman orang yang tidak melaksanakan tidak mendapatkan fahala/ ganjaran.

Adapun hukum wajib atau fardhu menurut ilmu fiqih itu ada yang dinamakan wajib 'ain dan wajib kifayah, wajib 'ain adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua orang yang sudah balig (dewasa) sehingga kalau seseorang tidak melaksanakan maka hukunya dosa. Yang termasuk fardhu kifayah diantaranya mengurus orang yang meninggal dari mulai memandikan, mengkapani, menyolatkan dan menguburkannya.

Namun tata cara sholat jenazah atau sholat mayit baik mayit yang hadir maupun yang tidak hadir dengan istilah sholat ghaib beda dengan cara melaksanakan sholat-sholat biasa seperti sholat fardhu dan sholat sunat, sebab sholat jenazah tidak memakai ruku' dan sujud cukup berdiri saja dari mulai sampai baca salam, namun dalam pelaksanaan sholat mayit itu dengan empat kali bacaan takbir.

Tata Cara Bacaan Niat, Doa Dan Lafadz Takbiran Sholat Jenazah Lengkap

Nah untuk lebih jelasnya tata cara atau panduan dari mulai bacaan niat, bacaan takbir, dan doa sholat mayit lengkap dalam tulisan bahasa arab latin dan artinya bisa anda kaji dalam artikel kami seperti di bawah ini:

1. a. Niat sholat jenazah laki-laki sebagai berikut:

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ ِللهِ تَعَالَى


Ushallii 'alaa haadzal mayyiti fardhol kifaayati ma'muuman lillaahi ta'aala

Artinya: Aku niat shalat atas mayit laki-laki ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

b. Niat shalat janazah perempuan sebagai berikut:


اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ ِللهِ تَعَالَى


Ushallii 'alaa haadzihil mayyitati fardhol kifaayati ma'muuman lillaahi ta'aala

Artinya: Aku niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

c. Apabila dilakukan secara berjemaah, tambahkan kata ma'muman مَأْمُوْمًا atau imaman إِمَامًا (sesuai posisi anda) sebelum kata lillahi ta'ala.

d. Lafadz niat sholat mayit ghaib.

أُصَلِّي عَلَى مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ الإِمَامُ مَأْمُوْمًا فَرْضًا للهِ تَعَالَى


Artinya:”Aku niat melaksanakan sholat fardlu jenazah terhadap mayit yang sedang disholati oleh imam dengan berma’mum kepadanya karena Allah SWT”.

e. Lafadz niat sholat mayit banyak.

أُصَلِّي عَلَى هَؤُلاَءِ اْلأَمْوَاتِ مَأْمُوْمًا فَرْضًا للهِ تَعَالَى


Artinya”Aku niat melaksanakan sholat fardlu jenazah terhadap para mayit- mayit yang ada secara ma’muman karena Allah SWT”.

2. Setelah Takbir pertama membaca: Surat "Al Fatihah."

3. Setelah Takbir kedua membaca Shalawat kepada Nabi SAW : "Allahumma Shalli ‘Alaa Syayyidinaa Muhamad?"

اللهم صل على سيدنا محمد


4. Setelah Takbir ketiga membaca:


اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ



Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa 'aafihi, wa'fu 'anhu, wa akrim nuzuulahu, wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihi, wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, waqihi fitnatal qabri wa 'adzaabannaar.

Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Catatan:
Bacaan doa di atas itu untuk satu mayit laki-laki. untuk 2 mayit laki-laki kata Hu-nya di ganti dengan Humaa, laki-laki banyak Hum dan untuk mayit satu perempuan dengan kata Ha, dua Humaa, banyak Hunna.

5. Setelah takbir Keempat mambaca salam.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ


Demikian yang dapat kami sampaikan Tata cara bacaan niat, doa dan lafadz takbiran sholat jenazah laki-laki perempuan lengkap dalam tulisan arab latin dan artinya,begitu juga kami sajikan tata cara sholat taubat, tasbih, tahajud, dhuha dan shalat istikharah dalam artikel selanjutnya,. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua.Amiiiin